Anggota parlemen Rusia menyetujui penjara karena laporan perang ‘palsu’
Entertainment

Anggota parlemen Rusia menyetujui penjara karena laporan perang ‘palsu’

DUSSELDORF, JERMAN — Rusia dapat menghadapi hukuman penjara hingga 15 tahun karena menyebarkan informasi yang bertentangan dengan posisi pemerintah Rusia dalam perang di Ukraina, sebuah langkah yang dilakukan ketika pihak berwenang memblokir akses ke media asing.

Parlemen Rusia dengan suara bulat pada hari Jumat menyetujui rancangan undang-undang yang mengkriminalisasi penyebaran yang disengaja dari apa yang dianggap Rusia sebagai laporan “palsu”.

Pihak berwenang Rusia telah berulang kali mengecam laporan kemunduran militer Rusia atau kematian warga sipil di Ukraina sebagai laporan “palsu”. Media pemerintah menyebut invasi Rusia ke Ukraina sebagai “operasi militer khusus” daripada “perang” atau “invasi.”

Rancangan undang-undang tersebut telah disetujui oleh majelis rendah dan majelis tinggi parlemen secara berurutan dan sekarang akan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Vladimir Putin untuk mulai berlaku pada hari Sabtu, kata ketua majelis rendah, Vyacheslav Volodin.

“Mungkin besok, aturannya akan memaksa mereka yang berbohong dan membuat pernyataan yang mendiskreditkan angkatan bersenjata kita untuk menanggung hukuman yang sangat berat,” kata Volodin. “Saya ingin semua orang mengerti, dan agar masyarakat mengerti, bahwa kami melakukan ini untuk melindungi tentara dan perwira kami, dan untuk melindungi kebenaran.”

BBC mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka menghentikan sementara pekerjaan semua jurnalis dan staf pendukungnya di Rusia sambil menilai implikasi dari undang-undang baru tersebut.

Direktur Jenderal BBC Tim Davie mengatakan undang-undang itu “tampaknya mengkriminalisasi proses jurnalisme independen.”

“Keamanan staf kami adalah yang terpenting dan kami tidak siap untuk mengekspos mereka pada risiko tuntutan pidana hanya karena melakukan pekerjaan mereka,” katanya.

Davie mengatakan layanan berita BBC berbahasa Rusia akan terus beroperasi dari luar Rusia.

Undang-undang itu menetapkan hukuman hingga tiga tahun atau denda karena menyebarkan apa yang oleh pihak berwenang dianggap sebagai berita palsu tentang militer, tetapi hukuman maksimum meningkat menjadi 15 tahun untuk kasus-kasus yang dianggap telah menyebabkan “konsekuensi berat,” kata majelis rendah parlemen. .

Jenis materi yang menghadapi ketidaksetujuan resmi dibuat jelas Jumat sebagai regulator komunikasi, Roskomnadzor, mengatakan itu memblokir lima organisasi media yang berbasis di luar negeri yang menerbitkan berita dalam bahasa Rusia.

Mereka telah menerbitkan “informasi palsu,” kata regulator dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Rusia, pada subjek termasuk “metode melakukan kegiatan pertempuran (serangan terhadap penduduk sipil, serangan terhadap objek infrastruktur sipil), jumlah kerugian Angkatan Bersenjata Federasi Rusia dan korban di antara penduduk sipil.”

Pemblokiran tersebut memengaruhi BBC, Voice of America dan Radio Free Europe/Radio Liberty yang didanai pemerintah AS, penyiar Jerman Deutsche Welle, dan situs web Meduza yang berbasis di Latvia. Bersama-sama, mereka adalah salah satu penerbitan media asing paling berpengaruh dan sering kritis di Rusia.

Pada sore hari di Moskow, situs web BBC menunjukkan pesan dari Roskomnadzor bahwa itu telah diblokir. Radio Free Europe Konten berbahasa Rusia tidak dapat dijangkau, tetapi konten Voice of America tetap dapat diakses.

BBC memposting instruksi di Twitter tentang bagaimana pembaca Rusia dapat bekerja di sekitar blok dengan menggunakan aplikasi atau “web gelap.”

“Akses ke informasi yang akurat dan independen adalah hak asasi manusia mendasar yang tidak boleh ditolak oleh rakyat Rusia, jutaan di antaranya bergantung pada BBC News setiap minggu. Kami akan melanjutkan upaya kami untuk membuat BBC News tersedia di Rusia, dan di seluruh wilayah lainnya. dunia,” kata BBC.

Awal pekan ini BBC mengatakan akan membawa kembali transmisi radio gelombang pendek ke Ukraina dan sebagian Rusia sehingga orang dapat mendengarkan programnya dengan peralatan dasar.

Beberapa outlet media terkenal di Rusia telah memilih untuk menutup daripada menghadapi pembatasan berat pada apa yang dapat mereka laporkan. Situs berita Znak mengumumkan penutupan Jumat pagi, tak lama setelah parlemen menyetujui rancangan undang-undang tersebut. Pada hari Kamis, stasiun radio independen top Rusia Ekho Moskvy ditutup dan stasiun TV independen Dozdh menghentikan operasinya setelah menerima ancaman penutupan dari pihak berwenang.

Pihak berwenang juga telah menekan upaya besar-besaran untuk menargetkan organisasi hak asasi manusia.

Pada hari Jumat, pihak berwenang menggerebek kantor Memorial, salah satu organisasi hak asasi manusia tertua dan paling terkemuka di Rusia. Menurut anggota Memorial, polisi tidak memberikan penjelasan apa pun dan tidak ada peringatan.

“Polisi menolak untuk membiarkan saya dan pengacara masuk tanpa penjelasan, dan ketika saya mencoba untuk tidak membiarkan petugas bala bantuan yang datang dengan rompi dan topeng antipeluru, mereka mengancam akan menggunakan kekerasan jika saya tidak membiarkan mereka masuk,” ketua Peringatan Internasional Yan Rachinsky berkata. “Ini adalah tingkat keadilan hari ini di ibu kota Rusia.”

Kelompok hak asasi manusia terkemuka lainnya, Civic Assistance, juga melihat kantornya di Moskow digerebek pada hari Jumat.

—-

Jill Lawless berkontribusi dari London.

—-

Berhubungan

Apakah Anda di Ukraina? Apakah Anda memiliki keluarga di Ukraina? Apakah Anda atau keluarga Anda terpengaruh? Surel [email protected]

  • Harap sertakan nama, lokasi, dan informasi kontak Anda jika Anda ingin berbicara dengan jurnalis CTV News.

  • Komentar Anda dapat digunakan dalam cerita CTVNews.ca.


Posted By : data hk 2021